Sustainability Development Goals (SDGs) merupakan salah satu agenda pembangunan yang dicanangkan dunia guna bertujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan manusia dan bumi yang telah disepakati oleh berbagai negara dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia yang merupakan salah satu bagian dari PBB sangat mendukung penuh agenda tersebut, dengan memasukan agenda pembangunan berkelanjutan ini kedalam rencana pembangunan nasional.

Salah satu bidang yang dapat menjadi solusi dan kunci keberhasilan pembangunan berkelanjutan adalah industri kelapa sawit. Seperti yang telah diketahui, Indonesia memasok kurang lebih separuh pasokan sawit dunia dengan luas kebun sawit yang ada mencapai 6 hektar. Yang artinya, industri sawit menjadi komoditi ekspor yang dapat memberikan nilai besar bagi peningkatan dan pencapaian SDGs di Indonesia.

Keberadaan industri sawit menjadi bagian dari strategi pembangunan nasional yang berkelanjutan. Dapat dilihat, industri kelapa sawit telah menciptakan jutaan lapangan pekerjaan dan penyumbang devisa yang cukup besar bagi negara. Selain itu, seiring dengan perkembangan sawit, berkembang juga pra sarana yang dapat memudahkan pekerjaan masyarakat. Dengan berkembanganya pengelolaan industri sawit, terlihat juga peningkatan pendidikan dan pengetahuan khususnya pertanian di Indonesia saat ini.

Dengan demikian, industri sawit merupakan strategi dan jalan yang dapat dijadikan sebagai langkah menuju peningkatan dan pencapaian SDGs, khususnya dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, pendidikan, dan pemberantasan kemiskinan serta kesenjangan yang ada.

 

Selvina Ayu Andhini – Universitas Sriwijaya

348 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *