Kelapa sawit  (Elaeis guineensis) adalah salah satu komoditi tanaman perkebunan yang sangat menjanjikan. Menurut Batubara (2002) kelapa sawit merupakan salah satu tanaman perkebunan yang dapat tumbuh baik di Indonesia , terutama didaerah-daerah dengan ketinggian kurang dari 500 meter dari permukaan laut. Indonesia merupakan pengahsil CPO terbesar didunia, hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa kelapa sawit adalah penyangga utama perekonomian Indonesia. Kelapa sawit pada umumnya hanya dimanfaatkan buahnya saja, namum siapa sangka kelapa sawit banyak mempunyai manfaat yang memiliki nilai ekonomi. Diantara nilai ekonomi tersebut terletak pada limbah yang dihasilkan. Sangatlah banyak manfaat serta keuntungan dari kelapa sawit, bayangkan bagaimana jika kelapa sawit musnah?. Sungguh tidak dapat terbayangkan jika Indonesia tanpa kelapa sawit.

Banyak manfaat limbah kelapa sawit, diantaranya, bagian pelepah menghasilkan lidi. Lidi yang dihasilkan dari pelepah kelapa sawit dapat digunakan untuk membuat sapu lidi, nah sapu lidi akan menghasilkan nilai jual yang menambah isi kantong tentunya. Selain lidi yang dihasilkan , limbah kelapa sawit yang lain seperti pelepah daun kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Pakan ternak yang terbuat dari pelepah daun kelapa sawit dapat dicacah lalu dicampur dengan dedak, dedak biasanya dipergunakan untuk pakan bebek, kedua bahan tersebut diolah menjadi pakan ternak sapi, dan atau bisa saja daun pelepah tersebut langsung dijadikan pakan ternak tanpa harus dicacah terlebih dahulu.

Masih banyak manfaat dibalik kelapa sawit, yaitu cangkang kelapa sawit dan batang/pelepah kelapa sawit dapat dijadikan sebagai biobriket. Namun sebagian orang menganggap briket adalah sebuah arang. Lalu, apa yang dimaksud dengan biobriket? Biobriket adalah bahan bakar padat dan terbuat dari sisa-sisa bahan organik yang telah mengalami proses pemampatan dengan daya tekan tertentu. Biobriket tidaklah identik dengan bahan bakar karena definisi biobriket adalah suatu bahan yang berupa serbuk potongan yang dipress dengan suatu alat.

Pekerja atau pemilik kebun kelapa sawit dapat memanfaatkan hal diatas untuk menambah nilai ekonomi serta dapat menjaga lingkungan. Namun adakah yang tahu manfaat biobriket arang cangkang/pelepah kelapa sawit? Nah, berikut manfaat dari biobriket :

  1. Hemat dan ekonomis
  2. Aman dan ramah lingkungan
  3. Tahan lama
  4. Cocok untuk usaha kuliner, restoran dan warung lainnya

Sedangkan keunggulan briket sebagai berikut :

  1. Asap tidak terlalu banyak
  2. Tidak berbau
  3. Tidak mencemari udara
  4. Panas yang tinggi dan continou, baik untuk pembakaran yang lama
  5. Tidak memiliki resiko meledak ataupun terbakar seperti minyak makan atau gas elpiji
  6. Sumber briket arang yang berlimpah
  7. Ramah lingkungan

Isu kenaikan harga BBM (khususnya minyak tanah) dan BBG (elpiji) menyadarkan kita bahwa konsumsi energi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun tidak seimbang dengan ketersediaan sumber energi tersebut. Kelangkaan dan kenaikan harga minyak akan terus terjadi karena sifatnya yang nonrenewable (tidak dapat diperbarui). Hal ini harus segera diimbangi dengan penyediaan sumber energi alternatif yang renewable (dapat diperbarui), melimpah jumlahnya, dan murah harganya sehingga terjangkau oleh masyarakat luas (Hermawan, 2006).

Dengan adanya olahan biobriket akan menjadikan Indonesia lebih baik karena kelangkaan yang di takutkan tidak akan terjadi seperti yang telah diungkapkan karena diimbangi dengan penyediaan sumber energi dapat diperbaharui “biobriket”. Dengan adanya pengolahan limbah tersebut tidak membuang kesempatan mendapatkan nilai tambah dari keuntungan dan manfaaat dari limbah kelapa sawit. Hal ini membuktikan bahwa kelapa sawit adalah tanaman yang dapat mendatangkan keuntungan yang  besar, mari kita kelola kelapa sawit dengan baik dimana kia akan dapat mewujudkan hal yang lebih baik untuk pembangunan ekonomi masa depan.

 

Wiwin Sulistyaningsih – Universitas Riau

8 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *