Taukah kamu sudah berapa lama kelapa sawit dibudidayakan di Indonesia ?.  Kelapa sawit mulai dibudidayakan secara komersial di Indonesia pada tahun 1910. Ternyata sudah 109 tahun kelapa sawit dikembangkan di kawasan Nusantara. Kini Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan menyumbang sebanyak 53% dari produksi minyak kelapa sawit dunia. Secara keseluruhan total tenaga kerja diserap di perkebunan kelapa sawit rakyat adalah 7,8  juta jiwa. Dari keseluruhan total luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia adalah 14 juta Ha , 5 juta Ha diantaranya merupakan perkebunan milik rakyat . Pendapatan per kapita petani kelapa sawit termasuk petani mandiri meningkat tajam dan berada di atas tingkat rata rata nasional.

Kelapa sawit merupakan salah satu sub sektor perkebunan terpenting di Indonesia karena telah menyumbang 2,5 % dari keseluruhan PDB Indonesia. Selain sebagai penghasil devisa negara, kelapa sawit juga merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah. Hal ini mendukung percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s) pada tujuan pertama yang berbunyi “No Poverty” yang berarti mengakhiri kemiskinan di manapun dalam bentuk apapun. Pertumbuhan perekonomian di daerah terutama Sumatera dan Kalimantan mengalami dorongan positif dengan adanya kelapa sawit. Kabupaten -kabupaten yang letaknya jauh dari ibukota provinsi , dahulu merupakan daerah dengan pertumbuhan perekonomian yang sangat lambat , tetapi sekarang pertumbuhan perekonomian dapat lebih cepat karena adanya dorongan dari sub sektor perkebunan seperti kelapa sawit. Contoh kabupaten yang sakarang sudah mengalami pertumbuhan ekonomi lebih cepat adalah Kabupaten Asahan di Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Kampar di Provinsi Riau. Industri kelapa sawit juga mendorong pembangunan infrastruktur-infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat seperti jalan penghubung desa , jembatan , dan listrik .

Dapat ditarik garis besar bahwa industri kelapa sawit memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia. Industri kelapa sawit secara nyata berhasil mendorong petani untuk bergerak dari bawah garis kemiskinan menuju kelas berpendapatan menengah. Diharapkan kita dapat sama sama mengembangkan industri kelapa sawit di Indonesia demi meningkatkan kesejahteraan dan mendorong perekonomi masyarakat Indonesia. Terimakasih.

 

Bismo Waraqi – Peserta Penulisan Artikel Tema Peran Sawit dalam SDGs di Institute Pertanian Bogor

334 total views, 12 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *