Makanan yang digoreng memang selalu menggiurkan. Rasanya yang gurih, enak, dan renyah di mulut membuatnya disukai banyak orang dan selalu bikin ketagihan.  Minyak Goreng adalah bahan utama untuk mengubah masakan dari yang mentah menjadi makanan yang krispi.

Namun, pernahkah kita bertanya-tanya bagaimana bahan makanan seperti minyak goreng dan margarin dapat masuk ke dapur Anda? Sebagai bahan utama minyak goreng, margarin dan produk makanan lain, ada perjalanan yang ditempuh dari minyak kelapa sawit. Bagaimana perjalanannya akan dibahas secara singkat.

Perkebunan kelapa sawit tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Dengan penanaman dan pemeliharaan pohon kelapa sawit yang benar akan menghasilkan minyak berkualitas baik. Pohon kelapa sawit menghasilkan buah yang siap dipanen dalam waktu sekitar 4 tahun. Buah kelapa sawit ini tumbuh dalam tandan dan biasa disebut dengan Tandan Buah Segar (TBS). Setelah TBS tersebut dipanen dan diangkut lalu dibawa ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk proses selanjutnya.

Setelah sampai di pabrik kelapa sawit, Tandan Buah Segar diolah menjadi minyak kelapa sawit CPO (Crude Palm Oil) dan inti sawit (Kernel). Proses pengolahan kelapa kelapa sawit sampai menjadi minyak sawit (CPO) terdiri dari beberapa tahapan. Salah satu langkah utamanya adalah pemurnian minyak kelapa sawit sebelum akhirnya siap untuk didistribusikan ke konsumen.

Karakteristik yang dimiliki minyak kelapa sawit secara alami berwujud semi padat pada suhu ruangan dan bebas dari lemak trans. Selain itu minyak sawit harganya relatif murah, memiliki antioksidan alami yang berfungsi sebagai pengawet alami dan dapat meningkatkan cita rasa makanan. Hal tersebutlah menjadikan minyak sawit sebagai salah satu bahan makanan yang populer di antara banyak produk makanan lainnya.

Hidup tanpa minyak sawit bagaikan “sayur kurang garam” karena di mulai dengan Anda sarapan di meja makan menggigit roti yang baru dipanggang dengan olesan margarin halus dan mengkilap, ditambah selai cokelat. Sungguh nikmat bukan…  Dan banyak dari produk sehari-hari lainnya mengandung atau menggunakan minyak kelapa sawit.

339 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *