M. Fahmi Riduan S – Juara 3 Lomba Penulisan Artikel Tema Peran Sawit dalam SDGS di Universitas Sriwijaya

 

Industri Kelapa Sawit merupakan tonggak utama dalam pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs), sejak di canangkan oleh PBB tahun 2015 di tahun 2015, Negara Indonesia terus berkontribusi untuk mencapai 17 tujuan SDGs itu sendiri. Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diterbitkan pada 4 Juli 2017 menunjukkan konsistensi Pemerintah dalam mencapai tujuan SDGs. Adapun 17 tujuan SDGs antara lain adalah : Tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, industri, inovasi, dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang bertanggung jawab, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

Banyak dari saudara-saudara kita di seluruh Dunia, khususnya di Indonesia yang belum mampu merasakan nikmat yang diberikan kepada kita saat ini, masih ada seorang anak yang setiap malam harus belajar dengan lilin, masih ada saudara kita yang mengalami gizi buruk, bahkan masih ada saudara kita yang tidak memiliki air yang bersih dan layak untuk diminum.

Mengapa Sawit mampu ikut andil dalam pencapain SDGs? Karena Industri Kelapa Sawit merupakan salah satu Industri utama di Indonesia yang mampu mensejahterakan Rakyat. Salah satu contohnya ialah dengan dibukanya Kebun Kelapa Sawit di daerah rural yang telah meningkatkan taraf penghasilan bagi masyarakat setempat. Bukan hanya itu, Industri Minyak Kelapa Sawit Indonesia diperkirakan telah menciptakan 17,5 juta lapangan pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung dan telah menyumbangkan 319 triliun rupiah dari nilai ekspor setiap tahunnya.

Oleh karena itu, kita wajib menjaga kekayaan alam yang telah dititipkan untuk negara kita, jangan sampai Industri Minyak Kelapa Sawit yang semula mampu ikut serta dalam pencapaian SDGs, akhirnya hanya untuk memperkaya segelintir orang-orang tertentu saja.

 

*artikel telah dimuat di :

Ayo Ubah Dunia Kita

381 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *